Bagaimana Solar Panel Bekerja


Banyak dari kita yang mengetahui bahwa panel surya adalah alat untuk mengubah cahaya matahari menjadi listrik. Lantas, apakah ada yang mengetahui bagaimana cara kerja panel surya tersebut? Berikut ini adalah beberapa cara kerja panel surya, antara lain:
 
Panel surya adalah perangkat yang dapat mengubah energi cahaya menjadi arus listrik. Solar cell bisa disebut sebagai pemeran utama untuk memaksimalkan potensi energi cahaya matahari yang sampai ke bumi, walaupun selain dipergunakan untuk menghasilkan listrik, energi dari matahari juga bisa dimaksimalkan energi panasnya melalui sistem solar thermal.
 

Hal yang Terjadi pada Panel Surya

Jadi, panel surya mampu memproduksi energi selama puncak penyinaran, kurang lebih sekitar 5 jam per harinya dengan variasi sekitar 30%, variasi ini dipengaruhi oleh lokasi, iklim, dan lain sebagainya.
 
Produksi dari panel surya yang terbesar di Indonesia berada di NTT, NTB, dan sebagian Papua. Sementara produksi yang terkecil berada di Jakarta dan sekitarnya.
 

Energi Listrik dari Panel Surya

Energi listrik yang diproduksi oleh panel surya biasanya akan digunakan untuk kebutuhan listrik dan ada yang disimpan terlebih dahulu dengan baterai.
 
Cara kerja sistem panel surya ini tetap dapat berjalan meski keadaan sore, malam hari maupun hujan sekalipun karena menggunakan bantuan baterai tersebut.
 
Secara mudahnya, cara kerja panel surya ini antara lain :
  1. Cara kerja panel surya yang pertama adalah panel surya dapat menghasilkan listrik dengan menggunakan sistem fotovoltaik. Fotovoltaik adalah fenomena yang mengubah energi matahari menjadi arus listrik.
  2. Listrik yang dihasilkan oleh sistem panel surya dapat digunakan secara langsung. Misalnya lampu, pompa, radio, dan lain sebagainya.
  3. Listrik yang dihasilkan oleh sistem panel surya juga dapat digunakan untuk peralatan rumah tangga, seperti lemari pendingin, air conditioner, televisi, dan lainnya dengan menggunakan inverter atau sistem VAC (google.co.id). Cukup mudah bukan cara kerja panel surya ini?
  4. Cara kerja panel surya yang terakhir adalah kita dapat menggunakan panel surya selama 24 jam dengan bantuan penggunaan baterai.
 
Jika tertarik ingin pasang solar panel dapat menghubungi sewatama yang sudah pasti memiliki keahlian dibidang solar panel.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Solar Panel Bekerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel