Inilah 6 Bakteri yang Merugikan dan Perlu Anda Waspadai

Inilah-6-Bakteri-yang-Merugikan-dan-Perlu-Anda-Waspadai

Tubuh manusia menyimpan banyak bakteri, baik itu bakteri yang menguntungkan ataupun bakteri yang merugikan. Bakteri-bakteri yang membawa penyakit dan merugikan tubuh bisa saja berasal dari makanan-makanan yang Anda konsumsi.

Bakteri penyebab penyakit 

Agar tubuh Anda tetap sehat, Anda harus mengetahui informasi mengenai bakteri-bakteri yang bisa membawa penyakit berikut. 

1. E.coli 

Nama panjang bakteri ini adalah bakteri Escherichia coli. Bakteri e.coli hidup dan berkembang pada usus manusia dan juga usus hewan-hewan seperti sapi, kambing, atau domba. Ini membuat bakteri e.coli seringkali ditemukan hidup pada daging sapi mentah ataupun daging sapi yang hanya dimasak setengah matang.

Selain itu, bakteri ini juga bisa ditemukan pada produk minuman seperti susu mentah, air, ataupun jus yang sudah terkontaminasi. Bakteri ini akan menyebabkan penyakit jika masuk ke dalam tubuh, seperti diare, muntah, atau sakit perut yang gejalanya bisa bertahan selama lima hingga sepuluh hari.

Bahkan ada juga jenis bakteri e.coli yang bisa menyebabkan penyakit serius, mulai dari gagal ginjal, diare berdarah, hingga bisa menyebabkan kematian.

2. Campylobacter 

Bakteri ini memiliki bentuk wujud yang spiral dan biasa ditemukan pada daging ayam atau daging sapi. Penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri ini adalah penyakit-penyakit seperti diare, sakit perut, kram, atau demam yang gejalanya bisa bertahan selama dua hingga lima hari.

Untuk gejala yang serius, diare yang diakibatkan bakteri ini juga bisa disertai dengan BAB berdarah, mual, atau muntah. Infeksi diare yang diakibatkan bakteri ini umumnya memang cukup ringan, namun jika mengenai anak-anak atau orang tua maka akibatnya bisa lebih fatal.

3. Listeria 

Bakteri yang merugikan selanjutnya adalah bakteri listeria. Bakteri ini banyak hidup di air atau tanah. Namun tidak menutup kemungkinan bakteri ini hidup pada makanan mentah atau olahan serta susu yang tidak dipasteurisasi. Bakteri ini bahkan bisa berkembang pada suhu yang cukup dingin. Bakteri listeria bisa menyebabkan penyakit seperti demam, sakit perut, sakit kepala, muntah, dan menggigil. Bagi ibu hamil atau orang tua, gejala yang ditimbulkan oleh bakteri ini bahkan bisa lebih fatal.

Untuk mencegah bakteri ini masuk ke tubuh Anda, lebih baik Anda selalu mencuci sayur atau buah-buahan yang hendak dikonsumsi. Pastikan juga Anda membersihkan kulkas secara rutin dan menjaga kulkas tetap kering karena bakteri ini tahan akan suhu dingin.

Jika Anda menyimpan daging iris dalam kulkas, pastikan Anda mengkonsumsinya sebelum mencapai lima hari disimpan. Begitu pula ketika Anda menyimpan makanan pabrik di kulkas, jangan menyimpannya hingga lebih dari dua pekan.

4. Vibrio 

Vibrio merupakan jenis bakteri yang tumbuh dan hidup di laut. Ini membuat vibrio sering ditemukan pada seafood atau makanan laut yang dimakan mentah dan tidak diolah. Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit seperti diare, mual, muntah, demam, menggigil, atau kram perut yang gejalanya akan bertahan hingga 24 jam. Pada orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah, bakteri ini bahkan bisa bertahan hingga tiga hari.

5. Salmonella 

Bakteri salmonella banyak ditemukan pada telur, daging sapi, atau daging sapi. Namun tidak menutup kemungkinan bakteri ini juga tumbuh pada sayuran yang Anda konsumsi tanpa dicuci terlebih dahulu. Bakteri ini bisa menyebabkan penyakit seperti demam, sakit kepala, atau diare yang bisa berlangsung hingga tujuh hari. 
 
Itulah beberapa bakteri yang merugikan yang harus Anda waspadai agar tidak masuk ke tubuh Anda.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 6 Bakteri yang Merugikan dan Perlu Anda Waspadai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel