Apa yang Bisa Kita Lakukan Agar Mencegah Tertular Virus Corona?

Apa-yang-Bisa-Kita-Lakukan-Agar-Mencegah-Tertular-Virus-Corona

Virus Corona hingga hari ini masih menjadi pandemi atau wabah di dunia. Dilaporkan terdapat 750.000 lebih kasus di seluruh dunia dengan kematian yang mencapai angka 36.000 lebih. Di Indonesia sendiri sejak teridentifikasinya kasus pertama di awal Maret, kasus ini kini telah menyebar hingga menjangkiti setidaknya 1.500 jiwa. Angka kematian di Indonesia terbilang besar karena lebih dari 8%nya dengan jumlah kematian lebih dari 130 jiwa, termasuk tenaga kesehatan. Angka tersebut diprediksi akan bertambah seiring dengan prediksi puncak wabah yang baru akan terjadi di bulan Mei.

Dari angka-angka di atas, dalam satu bulan saja, Indonesia sudah memiliki 1.500 kasus positif Covid19. Hal ini membuktikan bahwa penyebaran virus ini sangat cepat dan mudah. Sama seperti virus influenza lainnya, virus Covid19 menular melalui droplet atau percikan air yang keluar dari penderita saat ia batuk atau bersin. Droplet tersebut bisa langsung terhirup orang lain yang berada di sekitarnya jika si penderita tidak menutup mulut dan hidung atau menggunakan masker. Selain langsung terhirup, droplet yang berisi virus tersebut bisa jatuh dan menempel pada benda mati serta tangan yang digunakan untuk menutup mulut. Saat terjatuh dan menempel di benda mati, virus tidak langsung non aktif dan bahkan bisa bertahan hingga beberapa jam bahkan hari. Virus yang menempel di benda mati bisa berpindah tempat jika tersentuh oleh manusia atau benda lainnya. Akibatnya dari satu orang penderita bisa menularkan ke puluhan hingga ratusan orang sekaligus.

Mudahnya penularan virus tersebut membuat banyak yang memprediksi bahwa 1 dari 3 orang nantinya akan terkena virus ini. Perlu diketahui bahwa tak semua orang yang terinfeksi virus akan menunjukkan gejala sakit seperti batuk, demam dan sesak nafas. Sebagian besar justru tidak memiliki gejala meski dirinya positif covid19. Namun dia akan menjadi seorang carrier atau pembawa yang tetap bisa menularkannya pada orang lain. Carrier inilah yang justru bisa membuat penularan massif karena ia tetap bisa beraktivitas seperti biasa tanpa menyadari bahwa ia bisa menularkan virus tersebut ke orang lain.

Lalu apakah ada upaya pencegahan yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penularan dan agar kita tidak menjadi pasien positif Covid19? Tentu saja ada hal yang bisa dilakukan untuk menghentikan corona ini. berikut adalah apa saja yang bisa kita lakukan untuk membantu mencegah penularan virus covid19:

1. Tidak keluar rumah.

Dengan berada di rumah saja, Anda akan mengurangi resiko terinfeksi virus ini baik oleh pasien positif, carrier maupun kontaminasi dari benda mati.

2. Sosial distancing / physical distancing.

Menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain dan tidak membuat kerumunan juga akan mencegah penularan virus.

3. Sering cuci tangan.

Karena virus ini mampu bertahan di benda mati, Anda harus sering mencuci tangan agar steril dari virus yang mungkin saja menempel pada benda yang Anda sentuh.

4. Hidup higienis.

Memulai hidup higienis dengan memastikan semua barang yang masuk ke rumah bersih dari virus.

Bagi pasien positif virus corona baik yang bergejala atau yang tidak bergejala, harus melakukan isolasi diri di rumah sakit atau di rumah. Dengan begitu ia akan mengurangi penularan virus dan tidak menyebabkan orang lain terinfeksi. Masa isolasi setidaknya 14 hari dan bisa diperpanjang sesuai dengan kondisi tubuh.

Belum ada Komentar untuk "Apa yang Bisa Kita Lakukan Agar Mencegah Tertular Virus Corona?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel