Pengobatan Kutu Rambut Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Pengobatan-Kutu-Rambut-Secara-Alami-yang-Mudah-Dilakukan

Kutu rambut merupakan suatu serangga kecil yang berada di kulit kepala dan menghisap darah kepala manusia untuk mampu bertahan hidup. Ketika terdapat kutu pada rambut manusia maka dapat disebut sebagai pedikulosis kapitis. Adanya kutu bukan karena manusia kurang bersih melainkan adanya kutu yang menyebar dari rambut orang lain secara langsung. Ukuran kutu biasanya 3 milimeter dan jika kutu tinggal lebih lama di kepala akan membuatnya bertelur lalu berkembang biak lebih banyak dan telurnya berukuran ketombe. Seseorang yang memiliki kutu akan merasakan kepala gatal-gatal dan biasanya tidak berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Kasus ini dapat terjadi pada anak-anak walaupun dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Biasanya lebih sering dialami perempuan dibandingkan perempuan karena perempuan sering melakukan kontak fisik langsung rambut dan saling meminjam alat kebersihan. Gejala yang ditimbulkan adalah gatal-gatal yang cukup mengganggu dan dirasakan selama 2 hingga 6 minggu. Kutu dapat terlihat dengan ukuran kecil, bergerak begitu cepat dan menghindari cahaya. Ketika kutu bersarang akan meninggalkan telur di batang rambut dan warna kutu menyerupai rambut, beberapa daerah dekat leher akan ditemukan telur kutu. Beberapa penderita yang memiliki kutu akan merasakan gatal yang berlebihan penyebab iritasi pada kulit kepala sehingga membuat kulit menjadi rumah dan timbulnya benjolan kecil.

Berikut adalah obat medis untuk kutu di kulit kepala manusia:
  • Permethrin 1% yang diberikan di bagian kulit kepala selama 10 menit lalu dibilas dan residu obat akan membunuh telur dan kutunya yang digunakan hingga 10 hari. 
  • Pyrethrin plus piperonyl butoxide merupakan zat kimia yang berbentuk sampo, lotion yang didiamkan berapa menit di kepala kemudian dibilas, jika alergi dengan bunga krisan sebaiknya tidak menggunakannya. 
  • Benzyl alkohol 5% untuk mengurangi asupan oksigen pada kutu yang dibiarkan selama 10 menit kemudian dibilas dan melakukannya selama 1 minggu walaupun memberikan efek samping kulit kepala menjadi lebih memerah dan gatal tetapi tidak disarankan untuk bayi dibawah 6 bulan. 
Selain itu, dapat menggunakan ivermectin oral untuk membasmi kutu selama 10 hari dan mempengaruhi sistem syaraf sehingga tidak boleh digunakan untuk anak. Ivermection topikal 0,5% yang boleh digunakan anak-anak 6 bulan keatas dan memiliki efek samping iritasi mata dan kulit menjadi kering. Spinosad 0,9% untuk bayi serta usia 6 bulan keatas untuk merangkan aseltikolin pada kulit yang diberikan pada rambut kering lalu dibilas selama 10 menit. Malathion 0,5% yang dibiarkan selama 8 hingga 12 jam lalu dibilas menggunakan air hangat sebaiknya menghindari pengering rambut.

Berikut adalah obat alami untuk mengatasi kutu:
  • Asam cuka, dengan mencampurkan cuka dan minyak kepala lalu dioleskan pada kulit kepala selama satu malam kemudian dibilas dengan sampo. 
  • Bawang putih, menghaluskan 10 siung bawang lalu menambahkan 3 sendok air perasan jeruk nipis lalu dicampur dan dioleskan selama 30 menit dan ditutup menggunakan shower cap dan dibilas menggunakan air bersih. 
Obat alami kutu rambut menggunakan daun sirsak dengan cara mencucinya dan menghaluskannya lalu mengusapnya pada rambut dibungkus selama 30 menit dan dibilas. Bawang merah dengan cara menghancurkan dan menambahkan minyak kemiri dan minyak zaitun lalu membuat masker pada kulit selama 10 menit. Air perasan lemon sebanyak 2 buah lemon dan menetaskannya pada kulit kepala dan melakukan pijatan lembut selama 40 menit kemudian bilas. Beberapa pengobatan ini dapat dilakukan dan pilih efek yang tidak membuat kepala menjadi terganggu.

Belum ada Komentar untuk "Pengobatan Kutu Rambut Secara Alami yang Mudah Dilakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel