Inilah 5 Tips Membuat Desain Rumah Minimalis

Inilah-5-Tips-Membuat-Desain-Rumah-Minimalis
Foto oleh Quark Studio

Seiring perkembangan zaman, tren desain rumah semakin berkembang. Akan tetapi, desain rumah minimalis selalu cocok diberbagai zaman. Padahal tren rumah minimalis sudah populer semenjak dua puluh tahun ke belakang. Penataan ruang serta desain dalam rumah yang mungkin mendukung rumah minimalis diminati banyak orang. The olive house sebagai ide baru dalam penataan ruang ikut berpartisipasi dalam membuat rumah minimalis yang nyaman.

Tips Membuat Desain Rumah Minimalis

Rumah minimalis terkadang menjadi solusi untuk mereka yang ingin punya rumah dengan budget menengah. Di sisi lain, rumah minimalis cocok untuk mereka yang baru saja menikah. Salah satu kelebihan rumah minimalis ialah memberi kemudahan dalam menata ruang.

Sudah banyak ditemukan ruangan yang didesain se-milenial mungkin, vintage, heritage, american classic, dan lain sebagainya. Nah, untuk membuat rumah Anda terlihat lebih rapi dan bagus, mari simak tips membuat desain rumah minimalis di bawah ini.

1. Desain Rumah Minimalis Cenderung Geometris

Secara harfiah, minimalis dapat diartikan sebagai kurang, paling, sedikit, atau pas. Arti rumah minimalis tersebut cocok dengan bentuk rumah yang geometris, yakni kubus atau kotak tanpa adanya pelana. Rumah minimalis pertama kali dikenal pada tahun 1920-an oleh De Stijl dan Bauhaus.

De Stijl mengedepankan abstraksi dan mengurangi ornamen-ornamen seni agar kembali pada esensi bentuk dan warna. Bauhaus menawarkan rumah dengan perpaduan seni serta kerajinan dan teknologi.

2. Ringkas dan Bersih

Apabila Anda sudah yakin ingin hidup di dalam rumah yang minimalis, maka perlu menjaga kebersihan dan kerapian rumah. Untuk menjalankannya, rumah Anda perlu dilengkapi dengan ruang yang tertata rapi. Misalnya, penempatan ruang tamu yang tepat, dapur, kamar mandi, dan lain sebagainya. Upayakan tidak membuat dinding sebagai sekat di dalam rumah minimalis agar mudah dalam membersihkannya. Prinsip utama dari rumah minimalis ialah ringkas dan bersih.

3. Kohesifitas

Di dalam rumah minimalis, kohesifitas merupakan suatu hal yang perlu Anda ciptakan. Tujuan adanya kohesifitas agar tercipta kesinambungan antar elemen dengan cara yang sederhana. Cara menciptakan kohesifitas ialah dengan merapikan elemen-elemen dalam ruangan agar tampak saling melengkapi dan tidak tumpang tindih. The Olive House memberikan gambaran rumah minimalis dengan tempat penyimpanan yang ditata rapi sesuai bentuk rumahnya yang geometris.

4. Desain Rumah Minimalis yang Sederhana

Rumah minimalis selalu berbicara tentang kesederhanaan. Dalam merealisasikannya, rumah minimalis kerap kali hanya menggunakan satu warna, yaitu putih. Bahkan warna elemen lainnya seperti lantai, atap, furniture, jendela mengikuti warna utamanya.

Menurut ilmu psikologi, warna putih memberikan kesan kesucian, kesehatan, dan awal yang baru. Oleh sebab itulah Anda tidak akan merasa bosan meskipun rumah Anda bernuansa putih semua.

5. Utamakan Kualitas daripada Kuantitas

Tren furniture terkadang membuat Anda kalap mata, apalagi dibarengi dengan promo dan diskon. Meskipun begitu, Anda tetap harus mempertimbangkannya karena rumah minimalis sebaiknya tidak menyimpan barang yang banyak. Untuk melengkapi furniture pun Anda perlu melihat dari sisi material serta mudah dipindahkan. Pertimbangan demikian kembali lagi karena rumah minimalis memiliki prinsip ringkas dan bersih.

Demikianlah beberapa cara dalam mendesain rumah minimalis yang nyaman. Rumah minimalis kerap kali diminati karena memberikan kenyamanan dari bentuknya yang geometris. Dengan bentuk rumah yang seperti kubus memberikan kemudahan dalam mendesainnya untuk menjadi rumah yang ringkas yang nyaman dan bersih seperti The Olive House.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 5 Tips Membuat Desain Rumah Minimalis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel