Mau Mahir Berias? Anda Wajib Tahu Kuas Make Up Ini


Kuas make up ada banyak macamnya, namun tujuan pemakaiannya hanya 1 yaitu untuk membuat orang menjadi lebih menarik. Namun, masing-masing kuas yang dipergunakan untuk make up ini memiliki fungsi yang berbeda satu dengan yang lainnya walaupun pada pengaplikasiannya, tidak sedikit yang menggunakan 1 kuas untuk beberapa fungsi. Berikut merupakan kuas wajah dan fungsinya. 

1. Foundation Brush 


Sesuai dengan namanya, kuas wajah ini berfungsi untuk mengaplikasikan kosmetik yang berbasis krim atau cair misalnya foundation cair, creamy foundation, cc cream, BB agar lebih merata. Bentuk dari kuas ini cenderung pilih dan bulu yang dipergunakan untuk kuas cenderung lebih keras jika dibandingkan dengan jenis kuas yang lainnya. Hal tersebut bertujuan agar produk kosmetik seperti liquid foundation dapat diaplikasikan dengan sempurna dan merata. 

2. Concealer Brush 

Jenis kuas ini menggunakan bulu yang hampir sama dengan kuas foundation yaitu agak keras. Namun, ukurannya berbeda dengan kuas foundation. Ukuran dari kuas tersebut lebih kecil dan panjang dengan ujung yang meruncing. Concealer sendiri berfungsi untuk memberikan ‘cover’ pada bagian yang kurang sempurna misalnya bekas jerawat, lingkar hitam pada mata. 

3. Angled Contour Brush 

Kuas make up ini memiliki bentuk yang asimetris atau miring ke satu sisi dengan salah satu ujung yang meruncing. Kuas ini memiliki bulu yang lebat dan ukurannya agak besar. Fungsinya adalah untuk contouring di bagian tulang pipi, garis dahi, area rahang untuk membentuk garis atau membentuk siluet. Misalnya membuat wajah menjadi lebih tirus. 

4. Powder Brush 


Biasanya, untuk mengaplikasikan bedak atau powder, spons atau busa menjadi pilihan utama. Namun, ada pula brush yang dipergunakan untuk mengaplikasikan bedak. Kuas jenis ini memiliki bagian ujung yang menebal atau cenderung cembung sehingga memudahkan untuk membaurkan bedak, alas bedak atau foundation hingga untuk contouring. Jenis bedak yang biasanya diaplikasikan menggunakan kuas yang memiliki ukuran kecil medium dan besar ini adalah bedak padat atau tabur. 

5. Sponge Applicator 

Alat make up ini dapat dikatakan bukan termasuk kuas karena menggunakan spons dan bukan bulu. Namun, fungsi dari alat ini adalah untuk membubuhkan eyeshadow di kelopak mata Anda. Ukuran dari alat rias ini lebih kecil dibandingkan jenis yang lain. 

Spons yang dipergunakan juga tidak terlalu tebal bahkan cenderung tipis. Sehingga, dalam penggunaannya harus hati-hati dan perawatan harus dilakukan dengan lebih lembut. Misalnya agar spons tidak rusak dan lepas. 

6. Eyeshadow Brush 

Kuas eyeshadow ini dipergunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow. Bentuknya cenderung pipih dan ujungnya tebal bahkan cenderung cembung. Walaupun fungsinya sama seperti jenis kuas make up sebelumnya. 

Namun, fungsinya lebih dipergunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow di bagian lekukan mata. Misalnya membuat ilusi agar mata menjadi lebih belo atau lebih besar dengan menggunakan eyeshadow warna gelap. 

7. Blending Brush 


Kuas ini memiliki fungsi untuk membaurkan warna eyeshadow. Kuas untuk berias ini memiliki bentuk yang kecil, oval dan cenderung memiliki bulu yang cukup panjang. Tujuannya adalah agar lebih mudah saat membaurkan eyeshadow sehingga perias mata tersebut dapat membaur lebih lembut dan natural. Apalagi jika Anda ingin memiliki gradasi pada kelopak mata Anda. 

8. Angled Eyeliner Brush 

Kuas untuk mata agar Anda mendapatkan wing eyeliner atau cat eyes adalah dengan angles eyeliner brush. Kuas jenis ini memiliki ujung yang asimetris dengan ujung yang meruncing di salah satu sisinya tekstur dari kuas ini cenderung keras dibandingkan dengan jenis kuas untuk mata yang lainnya. 

Hal ini disebabkan karena kuas ini berfungsi untuk mengaplikasikan eyeliner baik dari jenis gel ataupun bubuk. Selain itu, brush ini juga digunakan untuk memberi efek garis pada riasan terutama di bagian mata. 

9. Lash Brow Brush 

Kuas make up yang satu ini, sepertinya tidak akan bisa lepas dari dompet make up untuk sebagian besar orang. Hal ini disebabkan karena fungsi kuas ini adalah untuk merapikan dan membuat alis. Kuas ini mempunyai 2 sisi yang berbeda dengan 2 fungsi yang berbeda pula. 

Di bagian yang berbentuk sisir fungsinya adalah untuk mempersiapkan bulu mata ataupun alis sebelum mengaplikasikan produk make up seperti maskara. Bagian sisir ini juga berfungsi untuk membersihkan gumpalan pada bulu mata. Jadi Anda tidak perlu khawatir setelah mengaplikasikan maskara dan ada yang menggumpal. Di sisi yang satunya berfungsi untuk menyisir bulu alis sehingga alis bisa lebih rapi. 

10. Maskara Wand 


Untuk mengaplikasikan maskara, perlu alat make up yang disebut dengan maskara wand. Kuas ini juga biasanya ditemui di bagian sisi dari lash brow brush. Selain digunakan untuk mengaplikasikan maskara, juga dipergunakan untuk membersihkan bulu mata dari gumpalan-gumpalan maskara. 

Selain itu, kuas ini juga dapat dipergunakan untuk membaurkan riasan alis sehingga lebih terlihat alami apalagi dengan warna yang senada dengan maskara. 

11. Angle Brow Brush 

Jenis kuas ini hampir sama dengan angled eyeshadow. Bedanya jenis kuas ini memiliki bulu yang lebih halus dibandingkan dengan angled eyeshadow. Tujuannya adalah agar lebih mudah untuk mengaplikasikan riasan ke alis sehingga warna alis terlihat lebih natural. Ujung kuas yang runcing ini dipergunakan untuk membentuk garis seperti bagian ujung agar lebih presisi dan rapi. 

12. Blush Brush 

Kurang lengkap rasanya jika merias wajah tanpa memberikan sapuan warna pada pipi. Blush on yang digunakan dengan menggunakan kuas adalah jenis blush on padat atau powder. Kuas ini memiliki gagang yang lebih ramping dan panjang apabila dibandingkan dengan kuas bedak. 

Bulunya juga lebih tipis dibandingkan powder brush. Selain digunakan untuk mengaplikasikan bedak, kuas ini juga biasanya digunakan untuk mengaplikasikan shimmer. 

13. Fan Brush 

Kuas jenis ini memiliki bentuk seperti kipas dan mempunyai bulu yang tebal, pipih dan melebar. Ukurannya berbeda dan fungsinya juga berbeda. Misalnya jika fan brush yang anda gunakan ukurannya kecil ataupun medium, biasanya dipergunakan untuk highlighter di tulang pipi atas. Sedangkan yang ukurannya besar, biasanya untuk finishing blend atau membaurkan dan membersihkan sisa bedak misalnya setelah baking. 

14. Lip Brush 


Kuas ini memiliki fungsi untuk menyapukan lipstick pada bibir. Bulu yang dipergunakan kuas ini cukup keras dan kasar dengan ujung yang lancip sehingga bisa menjangkau hingga sudut bibir. Biasanya kuas ini untuk membaurkan lipstick dari palet namun, juga untuk blending warna lipstick. 

15. Kabuki Brush 

Brush ini memiliki ukuran kecil dan pendek dan biasanya dipergunakan untuk menyapukan bedak atau blush on berjenis mineral. Dengan menggunakan kabuki, riasan akan terlihat lebih halus dan merata. 

Itulah beragam macam kuas make up untuk wajah yang harus Anda ketahui jenis dan manfaatnya terutama untuk Anda yang ingin pandai merias. Namun, jangan lupa, setelah Anda menggunakan kuas rias , Anda harus membersihkannya agar sisa make up tidak menempel di alat make up dan membuat kulit wajah menjadi iritasi. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda. 

Belum ada Komentar untuk "Mau Mahir Berias? Anda Wajib Tahu Kuas Make Up Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel