5 Manfaat Minyak Kayu Putih, Ternyata Juga Bisa Untuk Usir Ketombe


Berlainan dengan minyak eukaliptus, tanaman kayu putih adalah hasil ektraksi ranting serta daun pohon cajuput. Keduanya memang seringkali dipakai jadi bahan dari minyak kayu putih, tapi cajuput serta eukaliptus ialah pohon yang berlainan. 

Walau begitu, faedah yang ditawarkan oleh minyak kayu putih sebetulnya hampir serupa dengan minyak eukaliptus. Apa kelebihan itu? 

1. Menurunkan hidung terhalang 

Salah satunya faedah dari minyak kayu putih ialah menurunkan hidung terhalang. 

Cajuput yang dipakai jadi bahan fundamen pengerjaan minyak kayu putih memiliki kandungan senyawa yang berbentuk dekongestan. Senyawa ini bisa melegakan tenggorokan serta hidung yang terhalang. 

Diluar itu, minyak yang datang dari tumbuhan asal Asia Tenggara ini menolong memudahkan tanda-tanda beberapa penyakit, seperti bronkitis, laringitis, serta masalah aliran pernafasan yang lain. 

2. Menolong menangani infeksi kulit 

Kandungan zat cineole pada minyak kayu putih nyatanya berguna untuk menangani infeksi di kulit Anda. Bila Anda mengoleskannya di kulit, cineole pada minyak kayu putih memunculkan rasa hangat serta kurangi rasa sakit pada permukaan kulit. 

Tidak hanya memberi dampak hangat, faedah minyak kayu putih dapat juga Anda pakai untuk menghaluskan serta membuat cerah kulit. Namun, sebelum memakainya dengan teratur, tanyakan pada dokter supaya tahu apa kayu putih pas dengan kulit Anda. 

3. Kurangi ketombe 

Tahukah Anda jika kandungan cajuput pada minyak kayu putih nyatanya dapat kurangi ketombe pada rambut? 

Menurut satu riset pada tahun 2013 dari India, ada banyak minyak mendasar yang dapat dipakai untuk menantang jamur pemicu ketombe. Jamur Malassezia furfur ialah jamur yang menyerang kulit manusia serta dapat menyebabkan permasalahan kulit, seperti ketombe atau panu. 

Riset itu mengatakan, kombinasi minyak mendasar, seperti kayu putih serta atsiri dapat dibuktikan bisa menantang jamur Malassezia di kepala. Dengan demikian, produksi kulit ketombe di kepa bisa dikurangi. 

Walau demikian, masih diperlukan selanjutnya untuk tahu faedah minyak kayu putih dalam menantang jamur Malassezia. 

4. Memudahkan kram otot 

Kontraksi otot yang hadir dengan mendadak pasti memunculkan rasa sakit yang benar-benar tajam serta cukup mengganggu kegiatan harian Anda. Keadaan yang seringkali dikatakan sebagai kram otot ini dapat berlangsung karena dehidrasi, otot dipakai terlalu berlebih, atau minimnya kandungan elektrolit darah. 

Nah, tidak hanya lakukan pengenduran, minyak kayu putih didapati mempunyai faedah untuk menurunkan kram otot. Ini karena karakter analgesik pada tumbuhan kayu putih yang telah alami penyulingan. 

5. Menangani gigitan serangga 

Hampir serupa dengan minyak eukaliptus, kayu putih dapat Anda pakai jadi obat untuk menangani gigitan nyamuk serta serangga. Aroma kayu putih dapat menghindari serangga dari diri Anda. 

Karakter anti peradangan pada kayu putih dapat menolong Anda menahan gatal karena serangga serta timbulnya ruam pada kulit.

Belum ada Komentar untuk "5 Manfaat Minyak Kayu Putih, Ternyata Juga Bisa Untuk Usir Ketombe"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel