Tips Cara Cerdas Mengatasi Ngantuk Saat Kerja


Aktivitas membuat beberapa orang tidak dapat memenuhi keperluan tidur pada malam hari. Mengakibatkan, rasa kantuk menyerang waktu kerja hingga turunkan produktivitas Anda. Tak perlu kuatir. Ada beberapa langkah yang dapat Anda kerjakan untuk hilangkan ngantuk waktu jam kerja. Langkah hilangkan ngantuk waktu kerja 

Tidak dikit yang mengorbankan waktu tidur untuk penuhi tuntutan pekerjaan. Walau sebenarnya, jam istirahat yang kurang mengakibatkan rasa kantuk ada waktu Anda kerja. 

Supaya tidak berefek pada produktivitas kerja, berikut langkah yang bisa Anda coba untuk hilangkan ngantuk waktu kerja: 

1. Tidur siang sesaat 

Tidur siang sesaat atau power nap jadi satu diantara langkah untuk hilangkan rasa ngantuk yang menyerang saat jam kerja. 

Tidur siang berguna membuat badan santai secara cepat serta lebih dalam. Anda bisa mengerjakannya sekalian duduk, atau berbaring bila sangat mungkin. Coba kerjakan pekerjaan ini pada jam 2 siang. 

Waktu tidur siang yang baik ialah sepanjang 15-20 menit. Kurang dari tenggang itu, badan Anda tidak mendapatkan faedahnya. 

Sesaat tidur siang sepanjang lebih dari 20 menit justru bisa membuat Anda lesu serta mengantuk. 

2. Bergerak 

Bergerak ialah langkah efisien untuk hilangkan ngantuk waktu kerja sekaligus juga membuat badan Anda tetap bugar. Waktu mengantuk, coba bergerak dari tempat duduk serta berjalanlah mengelilingi lingkungan kantor sepanjang 10 menit. 

Berjalan kaki akan menyebabkan jantung memompa semakin banyak darah kaya oksigen ke arah pembuluh darah, otak, serta otot. Suplai oksigen berguna untuk jaga otak masih aktif serta siaga hingga rasa kantuk juga lenyap. 

3. Konsumsi cemilan sehatkan 

Kopi serta makanan manis seringkali jadikan cemilan untuk menyingkirkan kantuk waktu kerja. Cafein pada kopi memang dapat meredam kantuk, tetapi dampaknya malah turunkan kualitas tidur. Sesaat gula pada makanan manis membuat badan Anda cepat capek. 

Langkah lain yang cukup efisien untuk hilangkan ngantuk waktu kerja dengan konsumsi cemilan sehatkan. Contoh cemilan yang dianjurkan diantaranya: 
  • Yogurt dengan kacang-kacangan 
  • Wortel kecil dengan cocolan keju rendah lemak 
  • Biskuit gandum dengan selai kacang 
  • Buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk, nanas, kiwi, serta pepaya 
  • Cokelat hitam tanpa ada penambahan pemanis 
  • Teh hijau 

4. Lakukan tehnik pernafasan 

Tehnik pernafasan berguna untuk tingkatkan kandungan oksigen pada tubuh, perlambat detak jantung, turunkan tekanan darah, serta tingkatkan saluran darah. Semuanya ini akan tingkatkan daya serta perform kerja Anda. 

Berikut langkah lakukan tehnik pernafasan untuk hilangkan ngantuk waktu kerja: 
  • Duduk dengan tegak di bangku Anda, fokuslah untuk bernapas memakai perut. 
  • Tempatkan tangan kanan Anda pada perut, pas dibawah rusuk. Selanjutnya, tempatkan tangan kiri Anda pada dada. 
  • Tarik napas dalam-dalam lewat hidung serta biarlah perut menggerakkan tangan kanan Anda. Jangan biarkan dada Anda bergerak. 
  • Embuskan napas lewat bibir yang mengerucut. 
  • Ulangilah semua sekitar 10 kali. 

5. Tingkatkan kualitas tidur 

Ini adalah langkah penting supaya Anda tidak mengantuk waktu kerja. Sebisa mungkin, batasi kegiatan saat malam hari serta jauhi masalah dari hp, TV, atau laptop. 

Dengan demikian, Anda bisa memenuhi keperluan tidur malam sepanjang 7 jam. 

Jam tidur serta bangun pada pagi hari pun tidak kalah penting. Upayakan supaya Anda tetap tidur serta bangun pada jam yang sama. Ini berguna supaya badan mempunyai jam biologis yang teratur hingga Anda tidak gampang mengantuk. 

Rasa kantuk waktu kerja bisa merubah konsentrasi, konsentrasi, sampai produktivitas Anda. Untungnya, bermacam panduan di atas dapat menolong Anda menepis serangan kantuk waktu kerja. 

Meskipun begitu, langkah paling efisien supaya Anda tidak mengantuk waktu kerja tetaplah dengan memenuhi keperluan istirahat saat malam hari. Coba meningkatkan waktu tidur dikit demi sedikit sampai keperluan istirahat Anda tercukupi.

Belum ada Komentar untuk "Tips Cara Cerdas Mengatasi Ngantuk Saat Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel