Pentingnya Mempunyai Tanaman Obat Keluarga

Pentingnya-Mempunyai-Tanaman-Obat-Keluarga

Pentingnya Mempunyai Tanaman Obat Keluarga. Ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Tentu Anda sependapat dengan pepatah tersebut. Setelah mengalami sakit dan mendapatkan perawatan dalam hal pengobatan tentu harga yang ditebus sangat tinggi. Bukan hanya mengalami kelelahan fisik karena sakit, tetapi materi untuk biaya pengobatanpun cenderung mahal. 

Apa Itu Tanaman Obat Keluarga?

Tanaman obat keluarga atau Toga merupakan salah satu alternatif pilihan keluarga yang cerdas. Mempunyai tanaman obat sendiri tentu akan membuat keluarga mempunyai toko obat tanpa berbayar. Toga populer di desa-desa, karena di pedesaan masih banyak tanaman-tanaman yang berkhasiat bagi kesehatan. 

Tidak ada salahnya di perkotaan juga menerapkan hal yang sama. Memang lebih baik apabila kita kembali ke bahan-bahan alami yang berkhasiat. Ketika tubuh mengalami penumpukan bahan-bahan kimia tentu metabolisme tubuh akan terganggu. Saatnya Anda untuk mengumpulkan tanaman-tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Apa Saja Macam-Macam Tanaman Obat yang Bisa Ditanam?

Ada banyak tanaman berkhasiat yang dapat dijadikan obat-obatan untuk sebagai koleksi dari tanaman obat keluarga. Tanaman yang dapat dijadikan obat banyak dijumpai di beberapa daerah. Contohnya daun kemangi, brokoli, jahe, kangkung, pacar cina, jeruk nipis, kunyit, kumis kucing, temu lawak dan masih banyak jenis tanaman lainnya. 

Daun kemangi banyak dijumpai sebagai lalapan di daerah Jawa Barat. Selain dijadikan sebagai lalapan yang nikmat dicocol sambal. Daun kemangi juga berkhasiat untuk mengurangi bau mulut dan sariawan. Selain itu, halaman rumah Anda akan terhindar dari serangan nyamuk. Sama halnya seperti aroma bunga lavender, aroma dari daun kemangi sangat tidak disukai nyamuk. 

Apa Saja Sayuran yang Bisa Dijadikan Tanaman Obat? 

Terdapat juga jenis sayuran yang dapat dijadikan toga, contohnya brokoli yang dapat juga dijadikan sebagai tanaman obat keluarga.Sayuran yang berwarna hijau ini, selain digunakan sebagai bahan masakan, ternyata brokoli juga bermanfaat sebagai antioksidan dan pencegah kanker. Jangan ragu untuk menanam brokoli. Namun brokoli ini umumnya ditanam di daerah yang sejuk dan berada di daerah dataran sedang hingga tinggi. Selain brokoli terdapat juga kangkung yang bermanfaat mencegah sariawan, wasir dan sembelit. Ternyata kangkung bermanfaat selain dimasak sebagai bahan masakan yan lezat. 

Dari famili jeruk-jerukan terdapat jeruk nipis selain sebagai pelengkap bumbu masak, jeruk nipis juga dapat dijadikan minuman yang menyegarkan. Rasanya yang masam sangat sarat akan vitamin C. Vitamin ini sangat diperlukan oleh tubuh karena dapat mencegah sariawan atau gusi berdarah. Selain itu jeruk nipis sudah lama dipercaya dapat membantu mengobati batuk. 

Selain itu dari famili jahe-jahean atau zingiberaceae terdapat beberapa tanaman yang dapat dijadikan tanaman obat keluarga, diantaranya jahe, kunyit dan temulawak. Jahe berkhasiat untuk mencegah perut kembung dan mengatasi masuk angin atau sakit kepala. Kunyit kuning maupun kunyit putih mempunyai manfaat bagi penyakit maag, radang usus maupun liver. Selain Jahe dan kunyit, terdapat temulawak yang berkhasiat untuk membantu menambah nafsu makan. Biasanya anak-anak sulit untuk makan, temulawak merupakan salah satu solusi. Temulawak dapat dijadikan minuman segar atau bahan baku jamu. 

Terdapat banyak sekali tanaman yang berkhasiat dan dapat Anda jadikan sebagai koleksi tanaman obat keluarga atau toga. Dengan begitu banyak tanaman obat yang ditanam. Maka Anda akan mempunyai apotek hidup yang sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga. Kini lihat halaman rumah Anda, jika terdapat sedikit lahan kosong, segera rancang untuk menanam tanaman yang dapat dijadikan obat. Anda juga dapat menemukan referensi di https://artikel.rumah123.com/. Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Mempunyai Tanaman Obat Keluarga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel