4 Cara Menghemat Baterai Laptop Asus GL503GE


Memiliki laptop setangguh laptop AsusGL503GE tentu membuat kamu berbangga diri. Rasanya kamu bisa menghabiskan waktu hanya untuk bermain game dengan laptop kesayanganmu ini. Kalau bukan karena daya baterai laptop yang habis karena dipakai terus menerus, mungkin kamu belum mau beranjak dari aktivitasmu. Tapi tahukah kamu, ada cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghemat baterai laptop. 

Bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini. 

1. Aktifkan mode battery saver 

Cara pertama untuk menghemat baterai laptop adalah dengan mengaktifkan mode battery saver. Ketika kamu mengaktifkan fitur ini, laptop kamu secara otomatis akan menghemat pemakaian daya baterainya jika sudah mencapai batas pemakaian tertentu. Secara default, mode ini akan aktif jika baterai laptop tersisa 20%. Tapi kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu. 

Untuk bisa mengaktifkan mode ini, langkahnya adalah sebagai berikut : 
  • Buka Settings 
  • Pilih System 
  • Pilih Battery 
  • Pilih Battery saver settings 
  • Kemudian atur sesuai kebutuhan 

2. Atur power and sleep pada laptop 

Semakin lama layar laptop menyala, semakin banyak pula daya baterai yang diperlukan. Dengan kata lain, layar laptop yang dibiarkan menyala begitu saja akan memakan daya baterai sehingga membuat baterai laptop kamu boros. Agar baterai laptop tidak habis secara sia-sia, kamu perlu mengatur power and sleep pada laptop Asus GL503GE yang kamu miliki. 

Power and sleep ini mengatur durasi layar laptop dimatikan ketika sedang tidak digunakan. Misalnya, kamu mengatur laptop akan dalam berada dalam mode sleep jika tidak digunakan selama 5 menit. Maka, jika laptop kamu tidak digunakan atau dalam kondisi idle selama 5 menit, layar laptop akan mati dan laptop dalam kondisi sleep. 

Pengaturan ini bisa kamu temukan melalui langkah berikut ini : 
  • Pilih settings 
  • Pilih system 
  • Pilih power & sleep 
  • Kemudian atur sesuai dengan kebutuhan 

3. Turunkan level kecerahan layar 

Cara yang ketiga adalah dengan menurunkan level kecerahan layar. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar yang kamu gunakan, semakin banyak pula daya baterai yang digunakan. Laptop yang digunakan dengan level kecerahan penuh lebih boros pemakaian baterainya daripada laptop yang digunakan dengan level kecerahan yang minim. 

Apabila kamu tidak membutuhkan penggunaan laptop dengan tingkat kecerahan tinggi, sebaiknya turunkan level kecerahan layar laptop agar baterai laptop kamu tetap awet dan tahan lama digunakan. Lagipula, pancaran sinar laptop juga tidak baik untuk kesehatan mata kamu. 

4. Uninstall aplikasi yang tidak perlu

Berapa banyak aplikasi yang kamu pasang di laptop? Dari semua aplikasi tersebut, berapa banyak yang sering kamu gunakan dan berapa banyak yang sama sekali tidak pernah digunakan? Jika kamu belum sempat menghitungnya, mungkin kamu harus mengevaluasinya dari sekarang. 

Semakin banyak aplikasi di laptop, semakin tinggi pula pemakaian daya baterainya. Hal inilah yang membuat laptop menjadi boros baterai. Copot aplikasi yang tidak perlu dan pertahankan aplikasi yang paling sering kamu gunakan. Selain itu, cek pula apakah aplikasi yang kamu pertahankan itu beroperasi di background apps atau tidak. Jika iya, non aktifkan aplikasi agar tidak berjalan di background apps. 

Nah, itulah empat cara menghemat baterai laptop Asus GL503GE. Cara ini juga bisa kamu gunakan pada laptop Asus lain yang sudah menggunakan OS Windows 10. Kalau kamu butuh laptop baru dari Asus, segera beli di Blibli.com. 

Belanja laptop di Blibli.com selain harganya terjangkau, kamu juga berkesempatan mendapatkan promo menarik, seperti diskon, cashback, hingga gratis ongkir. Tidak perlu khawatir jika kamu tinggal di ujung Indonesia, karena Blibli.com melayani pengiriman hingga ke pelosok negeri.

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Menghemat Baterai Laptop Asus GL503GE"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel