Ingin Meringankan Stress Pada Anak? Pilih Mainan Squishy Saja!


Tak hanya melanda orang dewasa saja, stress juga bisa memberikan tekanan psikologis pada anak. Faktor penyebab stress pada anak bisa karena beban kegiatan sekolah yang terlalu banyak, konflik dalam rumah serta masalah pergaulan dengan teman dan lingkungan. Sebagai orangtua yang mendukung tumbuh kembang si kecil secara sempurna, Anda wajib mencari solusi mengatasi masalah psikologis anak ini. Anda bisa memberikan mainan squishy yang bisa meredakan stress si kecil lho! 

Manfaat squishy untuk meredakan stress anak 

Teknik meremas-remas atau memijat permainan dari bahan spons yang lembut ini bisa memberikan efek terapi stress. Orang dewasa dan anak bisa menyalurkan emosional dengan membuat hasil karya squishy yang fenomenal. Mengoleksi karya baru bisa memberikan kepuasan batin tersendiri. Anak bisa mengekspresikan emosi dengan baik serta melupakan semua masalah yang tengah dialami. 

Anda hanya perlu memilih permainan yang tepat untuk si kecil sekaligus memberikan nilai edukasi. Tak merasa wajib belajar dari buku saja, Anda bisa mengenalkan si kecil berbagai ilmu baru. Ia akan lebih senang belajar sembari bermain lho! 

Mengenal berbagai macam squishy 

Jika Anda memang ingin membelikan permainan menarik untuk anak-anak, ada baiknya mengetahui berbagai macam squishy. 

1. Common squishy 

Merupakan permainan yang tidak memiliki aroma khas dan tidak diketahui siapa produsennya. Tak mengherankan kalau jenis permainan ini banyak dijual di supermarket atau toko mainan dengan harga lebih terjangkau. 

2. Licensed squishy 

Produsen permainan ini berasal dari berbagai negara yang ada di Asia seperti Tiongkok, Singapura, Jepang dan lain-lain. Harga permainan yang telah bersertifikasi aman digunakan anak-anak ini jauh lebih mahal dibandingkan common squishy. 

Dua jenis permainan lembut di atas bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan dan dana yang ada. Tentu manfaat bermain yang cukup banyak wajib Anda pertimbangkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Anda juga bisa memainkan permainan yang sama untuk meredakan stress lho! Dijamin acara bermain bersama dengan anak menjadi lebih menyenangkan. 

Tips mengontrol atau meredakan stress pada anak 

Tahukah Anda bahwa orangtua bisa menjadi pemicu stress pada anak? Ya, tuntutan orangtua agar anak tampil terdepan terkadang membebani psikologis mereka. Jangan hanya memberikan kepuasan pada ego Anda sehingga mengabaikan kepentingan anak sendiri. Untuk mengatasi permasalahan stress pada anak, orangtua wajib menerapkan beberapa tips bermanfaat berikut ini. 

1. Memberikan contoh memecahkan masalah 

Anak banyak belajar dari perilaku orangtua sehingga Anda bisa memberikan cara mengatasi permasalahan yang dialami si kecil. Mengajak anak belajar memecahkan masalah dan mencari solusi terbaik bisa memberikan manfaat positif saat ia dewasa kelak. Anda bisa menekan risiko anak melarikan diri pada hal negatif saat mengalami masalah. 

2. Mengontrol jadwal anak dengan baik 

Ada baiknya Anda selalu memeriksa jadwal belajar anak setiap hari. Apakah ia begitu kelebihan beban pelajaran setiap hari? Sebagai orangtua, Anda harus memberikan nutrisi dan waktu istirahat secara cukup agar ia tidak kelelahan. Tidak ada salahnya memberikan sedikit kebebasan pada anak agar ia merasa lebih semangat. Buat jadwal liburan secara konsisten ya! 

3. Membangun dan menciptakan suasana tenang di rumah 

Lingkungan yang kondusif bisa membuat anak lebih nyaman berada di rumah. Ia bisa belajar, bermain atau bersantai setiap hari. Jadwal yang bisa terbagi dengan baik bisa menghindarkan anak dari tekanan stress. 

Jangan lupa untuk memberikan jenis permainan edukasi berupa squishy ya! Kala anak merasa lelah belajar di sekolah atau sibuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, ia tetap ceria dan bebas dari risiko tekanan psikologis. 

Belum ada Komentar untuk "Ingin Meringankan Stress Pada Anak? Pilih Mainan Squishy Saja!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel