Cara Menghilangkan Rasa Lesu dan Kurang Energi Saat Puasa


Merubah beberapa rutinitas Anda di bulan Ramadhan bisa membuat ketidaksamaan besar untuk bikin badan lebih bertenaga. Jangan dibiarkan rasa lemas waktu puasa turunkan produktivitas. Ada cara-cara simpel yang bisa dicoba untuk menangani lesu serta kurang daya waktu puasa. 

1. Yakinkan Anda cukup minum 

Dehidrasi waktu berpuasa kemungkinan jadi pemicu Anda rasakan lemas. Yakinkan saat buka puasa serta sahur, Anda memenuhi keperluan minum Anda. 

Anda dapat coba skema 2-4-2, dua gelas waktu buka puasa, empat gelas selama malam, serta dua gelas waktu sahur. Bukan sekedar air putih, Anda dapat konsumsi buah-buahan atau yogurt untuk meningkatkan konsumsi cairan. 

Jauhi minuman yang memiliki kandungan cafein sepanjang puasa. Cafein dalam kopi, minuman bersoda, atau teh yang dikonsumsi 3-6 jam sebelum tidur bisa membuat Anda susah tidur serta berkesempatan tiba-tiba terbangun di larut malam. 

Berhenti konsumsi cafein dengan setahap ialah langkah paling baik untuk masih tambah energi selama seharian. Anda mungkin malah akan rasakan lemas serta sakit kepala waktu tidak konsumsi cafein. Keadaan ini cuma berbentuk sesaat. 

2. Lihat makanan waktu buka puasa serta sahur 

Semua makanan memang kelihatan mengenyangkan saat buka puasa, tetapi tidak semua menghadirkan nutrisi buat badan. Makanan memiliki bahan basic tepung serta yang memiliki kandungan kandungan gula tinggi dapat membuat Anda cepat capek. Jadi upayakan jauhi makanan semacam ini. Mengonsumsi makanan fresh seperti sayur-sayuran serta buah-buahan dengan teratur. 

Dibanding melahap makanan dalam jumlahnya besar pada satu peluang, lebih baik mengkonsumsinya dalam jumlahnya kecil setiap 3 jam sekali dari waktu buka puasa sampai mendekati imsyak. Di bawah ini ialah beberapa pilihan kudapan yang dapat membuahkan daya untuk melakukan aktivitas: 

  • Buah potong, contohnya satu pisang ambon ukuran sedang memiliki kandungan seputar 100 kalori serta apel ukuran sedang memiliki kandungan seputar 80 kalori. 
  • Salad serta telur rebus. Satu butir telur ukuran sedang dapat membuahkan daya seputar 80 kalori. 
  • Cokelat hitam batangan tanpa ada susu memiliki kandungan seputar 250 kalori pada setiap 50 gram-nya. 

3. Kerjakan berolahraga yang Anda gemari 

Melakukan aktivitas normal saja telah melelahkan. Ditambah lagi olahraga waktu puasa? Tetapi yakinlah jika olahraga teratur akan membuat Anda lebih bertenaga waktu melakukan aktivitas panjang. 

Bahkan juga untuk beberapa orang, olahraga bahkan juga dapat tingkatkan kualitas tidur mereka. Olahraga dua 1/2 jam dalam satu pekan ialah waktu yang disarankan untuk jaga kesehatan badan. 

Tetapi Anda tidak harus penuhi waktu paket ini saat itu juga. Awalilah dengan bagian latihan kecil seperti 10 menit satu hari berjalan kaki. Supaya masih semangat, pilih berolahraga serta situasi yang Anda gemari. Kegiatan itu dapat dibarengi dengan iringan musik atau dikerjakan dengan beregu dalam tempat terbuka. 

4. Waktu tidur masih sama dengan biasa 

Cukup istirahat ialah kunci untuk selalu tambah energi waktu melakukan aktivitas selama seharian. Coba untuk bangun serta tidur di jam yang sama setiap hari, hingga badan mempunyai jam biologis yang terencana. 

Bikinlah agenda yang sesuai keperluan sahur di bulan Ramadhan. Menempatkan alarm bisa menolong Anda bangun pas waktu. 

Tersebut banyak hal yang bisa diaplikasikan supaya Anda mempunyai waktu istirahat yang berkualitas: 

  • Mandi dengan air hangat, membaca buku, atau dengarkan musik tenang sebelum tidur pada malam hari bisa menolong Anda tidur lebih pulas. 
  • Jauhi makan dalam tempo 2 jam sebelum waktunya tidur. Gas dalam perut yang mengolah makanan kemungkinan membuat Anda masih terbangun. 
  • Nikotin dalam rokok, alkohol, serta cafein membuat Anda susah tidur. 
  • Semestinya buat jadi kamar tidur cuma untuk istirahat. Kehadiran computer serta TV di kamar malah mengganggu ketenangan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghilangkan Rasa Lesu dan Kurang Energi Saat Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel