8 Properti yang Digunakan Tarian Tradisional

8-Properti-yang-Digunakan-Tarian-Tradisional

Negara Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki keragaman budaya. Salah satu budaya yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia yaitu tarian tradisional. Setiap suku bangsa yang tersebar diseluruh wilayah memiliki bentuk tarian yang disesuaikan dengan budayanya. Seperti tari piring yang berasal dari Sumatera Barat dan tari perang dari Papua dengan simbol keberaniannya. 

Properti Tari Tradisional 

Salah satu unsur penting dalam tari tradisional yaitu menggunakan properti. Properti tertentu biasanya menjadi ciri khas dari tarian tersebut. Contohnya tari yang menggunakan piring dinamakan tari piring dan tari topeng menggunakan topeng sebagai propertinya. Ada juga tarian tradisional yang tidak memakai properti sebagai ciri khasnya, seperti tari merak yang menggunakan selendang. Lalu, properti apa saja yang digunakan dalam tari tradisional?! Berikut akan diuraikan di bawah ini. 

1. Piring 

Sepertinya hampir semua orang mengenal tari piring yang berasal dari Kota Solok, Minangkabau provinsi Sumatera Barat. Tari ini terkenal karena ciri khasnya menggunakan piring sebagai properti pendukungnya. 

2. Topeng 

Terdapat beberapa jenis topeng yang digunakan oleh penari, diantaranya topeng dayak, topeng bali, topeng kelana, topeng malang, topeng reog, dan topeng oreng. Topeng merupakan properti menari yang paling unik. 

3. Tombak 

Properti tombak digunakan oleh penari untuk menggambarkan keberanian. Seperti tari perang yang berasal dari Papua dengan jumlah penari 7 orang pria. Ada juga tari klasik serimpi dari Yogyakarta dengan tombak sebagai propertinya. Namun jumlah penari ini hanya 4 orang penari wanita yang cantik dan anggun. 

4. Rebana 

Alat musik khas Timur Tengah ini digunakan juga untuk properti tarian tradisional di Indonesia. Rebana digunakan sebagai properti pada tari rangguk ayak yang berasal dari Jambi. Pengaruh budaya timur tengah pun menjadi ciri khas dari baju yang dikenakan penari wanita ini. 

5. Sabuk dan Keris 

Tarian tradisonal yang menggunakan sabuk dan keris sebagai propertinya merupakan tarian untuk menyambut tamu agung. Biasanya ditambah juga dengan properti lain seperti selendang yang terurai dari pinggang hingga ke mata kaki. Salah satu tarian yang menggunakan properti ini ialah tari remo yang berasal dari Jawa Timur. 

6. Kipas 

Banyak tarian tradisional yang menggunakan kipas sebagai propertinya, apalagi tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Namun, tarian yang menjadi budaya dalam menggunakan kipas dan masih bertahan hingga sekarang adalah tari kipas pakarena yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. 

7. Lilin 

Tari lilin merupakan salah satu tari tradisional yang cukup terkenal di Indonesia. Keunikannya menggunakan lilin menyala selama menari menjadi parameter tari ini dikenal banyak orang. Selama menari lilin tersebut diusahakan jangan sampai padam. Lilin ini diletakkan di atas piring dan penari membawanya dengan kedua telapak tangan mereka. Tari lilin sendiri berasal dari Sumatera Barat. 

8. Rangkaian Bunga 

Rangkaian bunga tidak hanya berfungsi sebagai aksesoris bagi penari. Lebih dari itu, rangkaian bunga digunakan sebagai properti penari untuk menyambut tamu. Salah satu tarian tradisonal yang menggunakan rangkaian bunga adalah tari baksa kambang yang berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan. Properti rangkaian bunga sendiri sudah menjadi budaya yang melekat pada masyarakat Banjar, karena tari baksa kambang sudah ada sejak masa kerajaan. 

Demikian 8 properti yang digunakan dalam tarian tradisional. Sebenarnya masih banyak lagi properti yang belum disebutkan. Namun, properti-properti di atas merupakan properti yang tergolong unik. Apalagi tari perang yang menggunakan properti tambahan pedang dan tameng dalam menunjukkan simbol kekuatan dan keberanian. Dengan mengetahui berbagai macam properti tarian tradisional ini diharapkan Anda semakin cinta akan budaya Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "8 Properti yang Digunakan Tarian Tradisional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel