5 Permasalahan yang Biasa Terjadi Pada Mobil Baru


Bagi para pemilik mobil mungkin tidak akan asing lagi jika menghadapi permasalahan yang timbul pada mobilnya. Sehingga tidak jarang gangguan-gangguan bisa saja terjadi tidak hanya pada mobil bekas, melainkan permasalahan ini juga bisa terjadi pada mobil baru sekalipun. Untuk itu si pemilik haruslah peka dengan apa yang sewaktu-waktu terjadi pada mobilnya. 

Penting untuk mengetahui hal tersebut sehingga sebaiknya jangan terlampau panik terlebih dahulu ketika tiba-tiba mobil dalam masalah karena hal ini umum terjadi. 

Permasalahan yang Biasa Terjadi Pada Mobil 

Berikut ada beberapa permasalahan yang umum atau biasa terjadi pada mobil diantaranya : 

1. Mobil tidak bisa menyala 

Kondisi ini tidak hanya terjadi pada motor, namun pada mobil sekalipun hal ini bisa saja terjadi. Apalagi jika hal ini terjadi pada pagi hari dan sedang dalam keadaan terburu-buru. Tentu akan timbul kepanikan tersendiri. 

Banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan hal ini terjadi misalnya jarak pada busi dan sumbu busi terlampau renggang atau bisa jadi karena alternatornya yang sedang mengalami kerusakan. Alternator ini memiliki fungsi untuk menyuplai aliran listrik menuju aki. Untuk itu perlu dilihat alternatornya dengan cara membongkar dan memastikannya. 

Yakni bisa dengan memutar pulley alternator dengan dibantu dinamo tester. Selanjutnya dengan melakukan pembongkaran pada komponen, atau apabila Anda tidak terlalu mengerti dan melihat adanya ketidakberesan sebaiknya segera bawa ke tempat bengkel atau tempat servis resmi. 

2. Lampu Indikator tidak mau mati 

Permasalahan ini juga umum terjadi bahkan pada mobil baru sekalipun. Apabila hal ini terjadi biasanya ada ketidakcocokan pada oli yang Anda gunakan dengan tipe mobil. Sehingga hal ini penting untuk diperhatikan karena jika terus menerus dibiarkan kedepannya tidak hanya akan mengganggu lampu indikator melainkan juga akan mengganggu mesin dan mempengaruhi performa mobil itu sendiri. 

3. Mesin timbul suara berisik 

Ada banyak hal bisa menjadikan mesin mobil tiba-tiba mengeluarkan suara yang berisik, diantaranya karena V belt rusak, mesin kurang oli, atau juga karena pemanasan yang terlalu lama atau overheating. 

Sehingga hal ini penting untuk segera diketahui agar ketika dikendarai, mobil tidak mengeluarkan suara-suara yang kurang mengenakkan. Karena hal ini dikhawatirkan akan mempengaruhi kenyaman dari si pengendara itu sendiri. 

4. Turbocharger mengalami knocking 

Knocking adalah suatu kondisi dimana mesin mobil mengalami bunyi seperti ketukan yang berdampak pada tidak optimalnya sistem atau komponen-komponen pada mesin ini ketika bekerja. 

Knocking bisa disebakan pada penggunaan turbocharger. Turbocharger yang digunakan pada mobil bisa mengakibatkan tekanan tinggi pada mesin di ruang bakar. Hal ini bisa membuat beban piston menjadi tinggi. Tentunya akan membuat piston mudah mengalami kerusakan hingga mengakibatkan knocking. 

Untuk itu perlu melakukan beberapa hal diantaranya salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada cooling system secara berkala. 

5. Overheating 

Ini bisa saja terjadi pada semua mobil termasuk mobil baru. Yakni suatu kondisi dimana mesin yang beroperasi melewati batas suhu normal kerjanya. Apabila hal ini terus terjadi maka akan mengancam eksistensi dari mesin mobil itu sendiri. Tentunya lama kelamaan mesin akan mengalami kerusakan dan mempengaruhi performa dari mobil itu sendiri. 

Misalnya saja pada saat pemanasan. Mungkin bagi sebagian orang awam akan beranggapan jika mobil yang dipanaskan terus menerus akan merakibat pada mesin menjadi bagus dan kerjanya akan optimal. Namun hal ini perlu dilihat dahulu apakah ada tanda-tanda ada overheating atau tidak. Jika iya, sebaiknya segera dihentikan jika tidak ingin terjadi kerusakan yang serius pada mesin mobil. 

Permasalahan di atas adalah yang biasanya terjadi. Untuk itu penting agar si pemilik mengetahui hal tersebut karena dengan mengetahui permasalahan-permasalahan di atas akan lebih peka dengan mobil barunya ketika terjadi sesuatu sewaktu-waktu dan bisa segera mengatasinya. 

Belum ada Komentar untuk "5 Permasalahan yang Biasa Terjadi Pada Mobil Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel