Penting! Berikut 5 Cara Mencuci Mobil Sendiri Dirumah Dengan Benar

Penting-Berikut-5-Cara-Mencuci-Mobil-Sendiri-Dirumah-Dengan-Benar

Mencuci mobil memang biasanya menjadi bagian yang kelihatannya sederhana namun juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar nantinya tidak menimbulkan masalah pada mobil. Kebanyakan memang orang-orang akan mendatangi tempat pencucian mobil karena tidak ingin repot dan khawatir melakukan kesalahan. Perlu diketahui ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk cara mencuci mobil sendiri dirumah dengan aman. 

Mencuci Mobil Dengan Benar 

Selain bisa mencuci mobil sendiri, juga bisa memahami terkait apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan pada saat pencucian. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat mencuci mobil, diantaranya : 

1. Jangan mencuci mobil dibawah terik matahari 

Orang awam mungkin akan berpikir bahwa dengan mencuci mobil di bawah terik panas matahari secara langsung akan membantu proses pencucian menjadi lebih mudah. 

Namun, tahukah jika mencuci di bawah terik panas secara langsung bisa memberikan dampak yang buruk terhadap mobil. Selain lama kelamaan akan merusak cat mobil juga apabila busa yang merupakan sisa pencucian bisa meninggalkan bekas bercak-bercak pada mobil. Hal ini tentunya malah menjadi masalah jika tidak diperhatikan. 

2. Hindari membersihkan kotoran ketika permukaan masih kering 

Seringnya orang-orang yang belum paham akan hal ini pasti melakukannya. Dibalik itu, tahukah jika membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan mobil dalam keadaan kering justru akan memperparah keadaan dan meninggalkan bekas yang mungkin saja bisa merusak permukaan mobil tersebut. 

Untuk itu, cara mencuci mobil yang terkena kotoran adalah sebaiknya dibasahi terlebih dahulu dan bisa menggunakan sabun khusus agar permukaannya tidak cacat atau baret. 

3. Gunakan sabun atau pembersih dengan pH balance 

Ketika mencuci mobil tentunya kita tidak bisa sembarangan menggunakan sabun untuk membersihkannya. Apalagi sabun atau pembersih dengan kandungan detergen yang tinggi, sangatlah tidak direkomendasikan untuk digunakan. Hal ini karena kadar kandungan detergen yang tinggi tersebut dapat mempengaruhi cat mobil. 

Pastikan juga pembersih yang digunakan setidaknya mengandung water softener, whitening agen dan memiliki kandungan daya bersih yang tinggi. Selain itu yang terpenting adalah kandungan bahannya tidak merusak cat atau bodi mobil. 

4. Gunakan lap khusus 

Pada dasarnya, lap yang digunakan untuk mencuci mobil sebaiknya memang khusus dan dalam keadaan bersih. Selain tidak menggunakan lap sembarangan juga pada saat pencucian sebaiknya juga tidak menggosokkan secara sembarangan. 

Hal tersebut dikhawatirkan akan membuat cat menjadi terkelupas atau membuat permukaan mobil lecet. 

Beberapa jenis kain yang digunakan diantaranya adalah kain chamois atau yang biasa disebut dengan kanebo. Selain itu bisa juga menggunakan kain microfiber yang dikenal memiliki lubang dengan celah benang berbentuk kail. Hal ini difungsikan untuk menyerap atau menghilangkan bekas air pencucian yang masih menempel pada mobil. 

Selain 2 jenis kain tersebut, juga dikenal yang namanya kain wash Kitt. Kain ini menggunakan bahan jenis kain kanebo dan microfiber. Dengan demikian memiliki kemampuan yang bisa digunakan untuk mencuci dan mengeringkan mobil sekaligus. 

5. Gunakan wax 

Perlu diketahui, bahwa fungsi wax ini diantaranya adalah membuat cat mobil menjadi terlindungi akibat paparan sinar matahari. Selain itu juga membuat cat mobil tahan terhadap air. Sehingga, ketika mobil digunakan pada saat hujan, air hujan yang mengenai mobil tersebut akan jatuh dan tidak menempel pada bodi mobil yang biasanya akan meninggalkan bekas atau bercak air yang mengering. 

Demikianlah beberapa hal cara mencuci mobil yang perlu diketahui dan diperhatikan agar tidak memberikan dampak yang buruk pada mobil tersebut. Untuk itu, dibutuhkan ketelitian ketika mencuci mobil untuk hasil pencucian yang maksimal.

Belum ada Komentar untuk "Penting! Berikut 5 Cara Mencuci Mobil Sendiri Dirumah Dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel