Bukan Sekedar Penghalus Kayu, Berikut Manfaat Lain Amplas


Ampelas atau kertas pasir ialah semacam kertas atau kain kasar yang digunakan untuk melembutkan beberapa benda. Mempunyai permukaan dengan butiran pasir kasar, ampelas bisa digunakan untuk menggosok permukaan yang tidak rata pada mebel ataupun komponen interior tempat tinggal hingga halus serta mempermudah proses finishing. 

Tidak sebatas melembutkan kayu, ampelas dapat juga digunakan untuk melembutkan beberapa benda atau bahan lainnya yang berada di tempat tinggal, lho! Lalu, apa sich faedah dari pemakaian ampelas? Baca sedetailnya berikut ini, yuk! 

1. Memadatkan Pori Kayu 

Tidak hanya membuat permukaan kayu jadi halus, ampelas dapat juga digunakan untuk memadatkan pori-pori kayu yang susah berisi dempul serta filler. Sesudah filler serta dempul diterapkan pada permukaan kayu, mengampelas permukaan kayu akan mendesak filler serta dempul hingga pori-pori kayu jadi lebih padat serta kekuatannya jadi lebih sempurna. Proses pemrosesan kayu jadi beberapa jenis benda juga jadi lebih gampang. 

2. Menghilangkan Karat Besi 

Kamu dapat juga memakai ampelas untuk menghilangkan karat pada besi serta logam. Pilih ampelas spesial besi yang terbuat berbahan silicon carbide, lalu pilih nomer ampelas yang akan dipakai dimana makin kecil nomer ampelas mempunyai permukaan yang semakin kasar hingga memengaruhi hasil penggosokan yang makin halus. 

3. Haluskan Permukaan Tembok 

Sebelum kamu mengecat tembok tempat tinggal, kamu juga dapat mengampelas acian atau semen pada tembok agar permukaannya lebih halus serta mempermudah proses pengecatan. Pertama kali, pakai ampelas dengan tingkat kekasaran tengah nomer 120 – 160 untuk menghilangkan butiran bekas semen serta pasir. Sesudah itu, membersihkan permukaan tembok dari debu yang masih ada memakai air. Sesudah tembok kering, kamu dapat mengawali pengecatan dengan warna basic serta diteruskan dengan warna cat seperti keinginan serta ide tempat tinggal. 

4. Menghilangkan Baret Mobil 

Mobil kesayanganmu baret sebab terserempet kendaraan lainnya atau terserang pohon? Bila baret pada body mobil begitu dalam serta tidak hilang walau telah dipoles cairan spesial, kamu dapat menghilangkan baret itu memakai ampelas. Agar lebih aman serta tidak mengakibatkan kerusakan susunan pernis, silakan pakai ampelas ukuran 4.000. Sebelum mengerjakannya, yakinkan kamu telah bersihkan permukaan body mobil dari kotoran serta debu yang melekat, lantas ampelaslah body mobil yang baret ikuti arah baret. 

5. Membersihkan Bekas Lem 

Pipa air atau permukaan akuarium ikan di rumahmu bocor? Pasti jadi jalan keluar gampang buat kamu untuk memakai lem untuk menyambungkan kaca ataupun pipa yang alami kebocoran itu. Tetapi, bekas lem yang menebar pada benda itu mesti kamu menghilangkan memakai ampelas, lebih pada pipa paralon sebab dapat mengganggu proses penyambungan serta membuat kotoran terhalang. 

6. Kilapkan Batu Akik 

Batu akik yang biasa dipakai pada perhiasan seperti cincin pun penampilannya dapat makin mengkilap dengan diampelas. Untuk mengkilapkan batu akik itu, kamu dapat mengawalinya dengan menggunakan ampelas nomer 240 untuk menghilangkan bekas lekukan karena proses pembentukan batu, diteruskan dengan ampelas 600 untuk menghilangkan pori-pori batu akik, lantas menggunakan ampelas nomer 1.200 sampai 1.500 untuk bikin permukaan batu akik makin halus. 

Meskipun bisa dipakai untuk beberapa jenis keperluan, tetap pilih type ampelas yang sesuai dengan untuk melembutkan material benda hingga pemakaiannya tidak boros serta lebih efektif. Janganlah lupa untuk pilih ukuran ampelas yang sesuai besaran benda hingga penyelesaiannya jadi lebih cepat!

Belum ada Komentar untuk "Bukan Sekedar Penghalus Kayu, Berikut Manfaat Lain Amplas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel