4 Langkah Mengenal Tahapan Perkembangan Anak Pada Masa Golden Age

4-Langkah-Mengenal-Tahapan-Perkembangan-Anak-Pada-Masa-Golden-Age

Masa Golden Age atau yang dikenal sebagai masa emas dalam tahapan perkembangan anak yaitu diawal kehidupannya pada usia 0-5 tahun. Pada fase kehidupan ini dikatakan golden age karena pada masa tersebut seorang anak memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang sangat baik. Mulai dari pertumbuhan dan perkembangan fisik hingga otak berada pada masa terbaik. Itulah mengapa masa ini disebut masa emas. 

Pentingnya Masa Golden Age 

Pada masa ini seorang anak mampu menerima informasi baik maupun buruk. Sehingga sebagai orang tua harus mampu menyaring informasi apa saja yang diterima anak. Karena informasi yang diterima anak sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak baik atau tidak nantinya. 

Pada masa ini, anak diibaratkan sebuah emas jika ditempa dan dibentuk dengan baik maka akan menghasilkan emas dengan kualitas yang baik dan indah. Karena itu orang tua harus mengenali stimulus-stimulus yang harus diberikan kepada anak di masa emasnya. Terutama mengoptimalkan stimulus positif pada perkembangan fisik maupun perkembangan kepribadian anak. 

Mengenal Perkembangan Anak Pada Masa Golden Age 

Ada beberapa perkembangan anak yang harus menjadi perhatian orang tua pada masa emas perkembangannya. 

1. Perkembangan Motorik Halus 

Perkembangan motorik halus anak ini bermanfaat untuk melatih kemampuan menulis, kreativitas dan keterampilan anak. Kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih motorik halus anak meliputi kegiatan menggambar, mewarnai, mengunting dan melipat kertas. Ini merupakan stimulus agar kemampuan motorik halus anak semakin terlatih. 

2. Perkembangan Motorik Kasar 

Perkembangan motorik kasar bermanfaat dalam proses perkembangan otot anak. Kegiatan motorik kasar anak meliputi kegiatan berlari, melompat, berenang, memanjat dan kegiatan olaharaga lainnya yang bersifat fisik. Tentunya ini akan membuat perkembangan motorik kasar anak menjadi lebih baik. 

3. Perkembangan Kognitif 

Perkembangan kognitif adalah kemampuan berpikir, memecahkan masalah dan mengambil keputusan serta mengklasifikasi sesuatu berdasarkan yang diterima panca inderanya. Perkembangan kognitif ini merupakan tahapan perkembangan anak yang penting. Proses perkembangan kognitif anak harus diberikan perhatian dan orang tua harus ikut mendampingi anak dalam proses memberikan stimulus-stimulus positif. 

Sebab perkembangan kognitif ini sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan berbahasa anak, berpikir logis dan belajar mencintai lingkungan di sekitarnya. Untuk melatih perkembangan kognitif ini, orang tua dapat memberikan stimulus dengan mengajak anak ke taman bermain, kebun binatang, pegunungan dan tempat hiburan yang ramah anak. 

4. Kenali Potensi Anak Sejak Dini 

Hal yang terpenting yang harus diketahui orang tua adalah mengenali potensi anak sejak dini. Sehingga orang tua dapat mengarahkan anak untuk mengasah potensi tersebut menjadi anak yang berbakat di masa depan. Untuk dapat mengenali potensi yang dimiliki oleh anak, orang tua perlu mengenali beberapa hal berikut ini. 

  • Potensi Musikal, anak lebih senang dengan hal-hal yang berbau musik. Mulai dari bermain alat musik, menyanyi atau mendengarkan musik. 
  • Potensi Logical, anak cenderung tertarik terhadap angka-angka. Suka dengan kegiatan hitung mengitung. 
  • Potensi Linguistik, anak pandai berkomunikasi dengan baik, suka menulis dan memiliki kemampuan memahami bahasa dengan baik. 
  • Potensi Interpersonal, anak mampu bersosialisasi dengan baik dengan lingkungannya. Mampu memahami orang lain dan bisa berbagi dengan sekitarnya. 
  • Potensi body kinestetik, anak senang melakukan sesuatu yang berhubungan dengan latihan fisik seperti olahraga. 

Dengan mengetahui potensi yang dimiliki anak, orang tua dapat mengarahkan anak kepada potensi dan minat anak. Semakin cepat mengenali potensi anak, maka dia akan tumbuh sebagai anak yang berbakat dan berprestasi nantinya. Peran orang tua dalam tahapan perkembangan anak adalah hal yang mutlak. Sehingga anak dapat tumbuh dengan segudang talenta dan prestasi di masa depan.

Belum ada Komentar untuk "4 Langkah Mengenal Tahapan Perkembangan Anak Pada Masa Golden Age"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel